Telur Setengah Matang Hingga Jahe Benarkah Bisa Tangkal Virus Corona?

Image


Ada Berita - Sudah mengakibatkan meninggalnya ribuan orang, Virus Corona menjadi momok yang menakutkan di berbagai negara, termasuk Indonesia.
Apalagi untuk pertama kalinya pada Senin, (2/3), ada Warga Negara Indonesia ditetapkan positif Virus Corona. Kehebohan dan kepanikan ini membuat banyak berita simpang siur terkait Virus Corona.
Salah satu informasi yang sering terdengar adalah obat herbal yang bisa menangkal Virus Corona. Pertanyaanya, apakah itu benar?
"Semua herbal terkait telur setengah matang, jahe atau apa itu yang sering disebut mungkin bisa bermanfaat, tapi sekedar membantu meningkatkan imunitas tubuh," kata Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), dr. Syahrizal Syarief, MPH, Ph.D, kepada AkuratHealth, di Fakultas Mikrobiologi UI, Jakarta Pusat, Selasa, (3/2).
Dokter Syahrizal menegaskan bahwa obat herbal tidak ada uji klinisnya. Jadi walaupun bisa bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, tidak ada bukti bahwa obat herbal bisa mencegah masuknya virus, termasuk Corona.
"Yang sering terjadi biasanya klaim manfaatnya berlebihan. Namanya jualan, obat herbal ini bisa ini itu. Kalau obat herbal yang ada uji klinis, itu masuknya fitofarmako," jelasnya.
Perlu diingat, sebenarnya tidak semua orang yang terpapar Virus Corona bisa terinfeksi dan menjadi sakit. Bila imunitas tubuh baik, virus tidak akan membuatmu sakit.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Dokter Syahrizal menghimbau agar cukup waktu untuk tidur, makanan dengan gizi seimbang, dan rutin berolahraga.


Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Melawan Takluk: Perlawanan dari Penjara Century"

Jusuf Kalla : Perjuangan Tidak akan mengkhianati Hasil seperti Kasus Msibakhun

Sejumlah pejabat Negara mengacungi Jempol pada Ketangguhan Misbakhun