Cuci Tangan Pakai Sabun, Ini 5 Langkah Efektif Cegah Virus Corona

Image

Ada Berita - Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak Virus Corona ata COVID-19. Baru-baru ini, dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) asal Depok, Jawa Barat, dilaporkan positif terinfeksi Virus Corona. Saat ini, keduanya dibawa ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara, untuk menjalani penanganan lebih lanjut.
Pada umumnya, seseorang yang terpapar Virus Corona akan mengalami berbagai gejala. Seperti demam, batuk, pilek, hingga gangguan pernapasan. Saat ini, berbagai upaya tengah dilakukan untuk menghindari virus tersebut. Termasuk dengan menggunkan masker. Namun, masker rupanya bukan cara efektif untuk tidak terpapar dari Virus Corona.
Kira-kira, apa saja langkah yang efektif untuk mencegah Virus Corona?
Dihimpun oleh AKURAT.CO dari berbagai sumber, berikut 5 Langkah Pencegahan Virus Corona.
1. Mencuci tangan pakai sabun
Salah satu cara pencegahan Virus Corona ialah menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Adapun cara mencuci tangan dengan benar dan bersih ialah selama 20 detik. Selain itu, gosok bagian punggung tangan, sela-sela jari, bawah kuku, hingga batas siku tangan. Jangan lupa gunakan air mengalir untuk membilasnya.
2. Menutup mulut dan hindung saat batuk
Cara lainnya ialah menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin. Selain efektif, menutup mulut dan hidung saat batuk dan pilek juga mencegah penyebaran virus. Selain itu, langkah lain pencegahan Virus Corona adalah dengan menghindari menyentuh wajah. Sebab, tangan yang belum dicuci sangat berisiko mengandung kuman serta virus. Untuk itu, diperlukan mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebagai upaya pencegahannya.
3. Buang masker setelah dipakai
Apabila telah menggunakan masker, sebaiknya segera dibuang jika telah digunakan dalam waktu satu hari. Hal ini dikarenakan bakteri akan berkembang biak pada bagian dalam masker jika digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, mencuci tangan juga diperlukan setelah membuangnya.
4. Olahraga
Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga juga dapat menghindarkan diri dari Virus Corona. Dengan berolahraga, tubuh akan lebih sehat dan tahan dari berbagai ancaman penyakit. Selain itu, aktivitas olahraga juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
5. Konsumsi makanan sehat dan vitamin
Selain olahraga, untuk meningkatkan kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Untuk mengimbanginya, diperlukan juga vitamin serta istirahat yang cukup. Langkah tersebut tentu efektif untuk mencegah dari Virus Corona.
Nah, itulah sederet langkah efektif untuk mencegah Virus Corona.
Yuk, pahami langkah-Langkah Pencegahan yang baik dan benar agar terhindar dari Virus Corona

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Melawan Takluk: Perlawanan dari Penjara Century"

Jusuf Kalla : Perjuangan Tidak akan mengkhianati Hasil seperti Kasus Msibakhun

Sejumlah pejabat Negara mengacungi Jempol pada Ketangguhan Misbakhun