Bahaya Pakai Masker Wajah Terlalu Sering

Image




Ada Berita - Merebaknya virus Corona di Indonesia membuat harga masker bedah atau disebut Masker Wajah di supermarket dan apotek pun melonjak jauh dan menjadi langka.
Karena permintaannya terlalu banyak, produsen pun menjual masker tersebut dengan harga yang tidak masuk akal, bahkan hingga Rp200 ribu hingga Rp500 ribuan.
Namun, Menteri Kesehatan  Terawan Agus Putranto, menegaskan bahwa masker hanya untuk yang sakit. Ia menyebutkan itu karena memang aturanya dari setiap negara hingga keputusan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa orang sakit saja yang menggunakan masker. Yang sehat, tidak perlu.
Akan tetapi, pada Senin, (2/3), masyarakat Indonesia dikagetkan oleh pernyataan Presiden Jokowi tentang warga Depok, Jawa Barat, yang positif Corona. Melihat hal tersebut, masyarakat pun mulai mencari Masker Wajah di supermarket dan apotek terdekat.
Kendati demikian, menurut Dr. Nanang Masrani dari Associate Member of European College of Aesthetic Medicine & Surgery, ada hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Masker Wajah.
Ia menyatakan, terlalu sering mengenakan Masker Wajah, juga dapat berisiko menyebabkan iritasi pada permukaan wajah bahkan bisa menimbulkan reaksi hipersensitif, yang merupakan reaksi berlebihan, tidak diinginkan karena terlalu senisitifnya respon imun. Khususnya bisa menyebabkan dermatis, penyakit kulit yang biasanya ditandai dengan peradangan dan ruam bengkak kemerahan.
"Mengenakan masker bedah bukan tanpa risiko. Dapat mengiritasi kulit wajah yang bergesekan. Bahan tertentu pada masker juga dapat menyebabkan iritasi," katanya saat dihubungi AkuratHealth, di Jakarta, Selasa, (3/3).
Lebih lanjut, ia menyampaikan kondisi lain yang paling ringan pada kulit ketika terlalu sering mengenakan masker yang dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alami yang terdapat di dalamnya. Kondisi ini menyebabkan dehidrasi kulit dan menimbulkan jerawat ringan.

"Jadi jika sudah begini, mulailah untuk hentikan penggunaan masker, lalu rawat dengan menggunakan shooting cream. Jika iritasi berlanjutan, segera temui dokter untuk melakukan pemeriksaan," tuturnya


Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Melawan Takluk: Perlawanan dari Penjara Century"

Jusuf Kalla : Perjuangan Tidak akan mengkhianati Hasil seperti Kasus Msibakhun

Sejumlah pejabat Negara mengacungi Jempol pada Ketangguhan Misbakhun