Keren! Agar Bisa Menjaga Keseimbangan, Robot ini Andalkan Refleks Manusia

Ada Berita - Secara teori, robot Bipedal sangat bagus untuk menavigasi lingkungan manusia. Namun, lebih rentan jatuh daripada robot berkaki empat atau beroda, meski memiliki algoritma canggih yang membantu menjaga mereka tetap tegak dalam beberapa situasi.
Sebagai cara untuk menjembatani kesenjangan itu, para peneliti di MIT dan University of Illinois-Champaign mengumpulkan semacam sistem robot-manusia hibrida.
“Kami termotivasi dengan menyaksikan Tohoku 2011, Jepang, gempabumi, tsunami, dan bencana pembangkit nuklir Fukushima Dai-ichi. Kami berpikir bahwa jika robot bisa memasuki pembangkit listrik setelah bencana, segalanya bisa berakhir berbeda,” kata Ramo, salah satu peneliti mengutip Tech Crunch. 
Robot yang mereka ciptakan adalah bipedal kecil yang mereka sebut Little Hermes, dan dihubungkan langsung ke operator manusia, yang berdiri di atas pelat pengindera tekanan dan mengenakan rompi umpan balik gaya.
Robot umumnya mengikuti gerakan operator, bukan dalam arti 1:1 (terutama karena robot jauh lebih kecil dari seseorang), tetapi setelah menafsirkan gerakan-gerakan tersebut dalam hal pusat gravitasi dan vektor gaya, membuat yang sesuai hampir secara bersamaan.
Jika robot harus menemui kemiringan atau hambatan yang tidak terduga, kekuatan-kekuatan tersebut disampaikan kepada operator melalui rompi. Merasakan tekanan yang mengindikasikan kemiringan ke kiri, operator akan secara refleks mengambil langkah ke arah itu menggunakan naluri luar biasa.
Putaran umpan balik ini dapat membuat robot penyelamat di tempat dan lainnya pada pijakan yang tidak pasti lebih dapat diandalkan.
Tim ingin membuat sistem umpan balik yang serupa untuk kaki dan tangan, sehingga mobilitas dan cengkeraman dapat lebih ditingkatkan.

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Melawan Takluk: Perlawanan dari Penjara Century"

Jusuf Kalla : Perjuangan Tidak akan mengkhianati Hasil seperti Kasus Msibakhun

Sejumlah pejabat Negara mengacungi Jempol pada Ketangguhan Misbakhun