Pendiri Wikipedia Serukan Aksi Mogok Media Sosial, Ada Apa?

Ada Berita - Salah satu pendiri ensiklopedi online WikipediaLarry Sanger menyerukan aksi mogok dalam menggunakan media sosial (medsos). Hal itu sebagai upaya menekan para pengelola medsos agar mengembalikan kewenangan atas kontrol data pribadi kepada pengguna.
Larry mengimbau para pengguna untuk berhenti menggunakan medsos dalam 48 jam dari tanggal 4 - 5 Juli. Seruan mogok telah banyak beredar di Reddit, Twitter dan beberapa jaringan lainnya.
Larry juga telah meminta para pendukung untuk menyebarkan berita di Facebook. Ia menilai semakin banyak yang bergabung dalam aksi mogok, akan menunjukkan adanya keluhan serius pada medsos dan bahwa pengguna tidak puas dengan situasi saat ini.
"Kami akan melenturkan otot kolektif kami dan menuntut perusahaan raksasa yang manipulatif memberi kami kendali kembali atas data, privasi dan pengalaman pengguna," ujar Larry dilansir dari BBC, Senin (1/7/2019).
Mereka yang mogok juga diminta untuk menandatangani 'Deklarasi Kemerdekaan Digital' yang dirancangnya. Deklarasi tersebut menyerukan agar medsos didesentralisasi dan diubah menjadi sistem yang menghargai hak kebebasan berbicara, privasi, dan keamanan.
Larry berharap aksi mogok medsos dapat mendorong perubahan terkait kewenangan kontrol data pribadi pengguna, sehingga akan memberi orang lebih banyak kontrol atas data mereka. Dia juga berharap pengelola medsos dapat lebih terbuka.
"Begitulah seharusnya media sosial dikembangkan sejak awal, dan bukannya ditutup di jaringan yang terpisah dan bersaing," tandas Larry.


Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Melawan Takluk: Perlawanan dari Penjara Century"

Jusuf Kalla : Perjuangan Tidak akan mengkhianati Hasil seperti Kasus Msibakhun

Sejumlah pejabat Negara mengacungi Jempol pada Ketangguhan Misbakhun