Cina Perintahkan Kepada Perusahaannya Jangan Jadi 'Domba Dungu'

Ada Berita - Pemerintah Cina mengatakan pada perusahaan-perusahaannya untuk tidak menjadi layaknya domba dungu ketika ada serangan politis saat berbisnis di luar negeri.
"Kami akan terus mendukung perusahaan dalam mencari penyelesaian hukum untuk melindungi kepentingan mereka sendiri dan menolak untuk menjadi korban seperti domba yang dungu," kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan pada hari Jumat (8/3). Dia merujuk pada perselisihan Huawei yang sedang berlangsung di AS dan Kanada atas penangkapan CFO Huawei Meng Wanzhou.
Pernyataan itu muncul satu hari setelah perusahaan mengajukan gugatan terhadap pemerintah AS atas upaya untuk menantang keputusan dalam melarang penggunaan peralatannya.
Diplomat ternama Cina juga mengatakan bahwa negara itu akan menggunakan semua tindakan yang diperlukan untuk secara tegas melindungi hak dan kepentingan perusahaan dan warganya di luar negeri.
"Tindakan baru-baru ini terhadap perusahaan dan individu China tertentu bukan hanya kasus peradilan, tetapi penindasan politik yang disengaja," tegas Wang seperti dilansir dari Reuters (9/3).
Tindakan keras terhadap peralatan buatan Huawei telah berlangsung selama beberapa bulan karena Washington mengklaim bahwa pemerintah China menggunakan teknologi Huawei untuk Espionage dan telah melarang agen pemerintah AS untuk menggunakan produk perusahaan asal Cina tersebut.
AS juga telah berusaha menekan sekutunya untuk memberlakukan pembatasan pada Huawei dengan alasan risiko keamanan dunia maya.
Pada bulan Desember, otoritas Kanada menangkap Chief Financial Officer Huawei atas permintaan AS. Wanita itu dituduh melanggar sanksi Iran, dan Kanada baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka secara resmi memulai proses ekstradisi ke AS.
Sementara itu, Meng juga mengajukan gugatan terhadap petugas  perbatasan dan polisi Kanada  dengan tuduhan  melakukan penggeledahan dan interogasi yang melanggar hukum.[]

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Melawan Takluk: Perlawanan dari Penjara Century"

Jusuf Kalla : Perjuangan Tidak akan mengkhianati Hasil seperti Kasus Msibakhun

Sejumlah pejabat Negara mengacungi Jempol pada Ketangguhan Misbakhun